Bacaan Doa Iftitah
Ilustrasi Membaca Doa Iftitah Ketika Sholat Berjama'ah

Bacaan Doa Iftitah Yang Benar (Arab, Latin & Artinya) Lengkap!

Artidoa.com – Bagi setiap muslim yang sudah baligh di wajibkan untuk melaksanakan rukun islam yang kedua yaitu sholat lima waktu. Dalam sholat ada beberapa bacaan yang harus di hafalkan, sehingga tidak perlu menggunakan buku tuntunan sholat atau buku catatan lainnya. Selain surat surat pendek masih ada yang harus di baca dalam sholat yaitu doa iftitah. Ternyata membaca doa iftitah dalam sholat hukumnya sunnah, maka boleh tidak di baca apabila sudah tertinggal atau lupa membaca doa tersebut. Karena hukumnya sunnah, bukan berarti kalian tidak membacanya dalam sholat.

Doa iftitah sendiri di baca setelah takbiratul ihram atau sebelum membaca surat al fatihah di rakaat pertama. Terkadang masih banyak yang belum tahu mengenai bacaan doa ifitah yang benar sehingga banyak yang mencari kebenarannya di internet, dunia maya dan menanyakan kepada ustadz atau ulama-ulama yang ada di lingkungannya. Nah di artikel kali ini kami ikut serta membagikan doa iftitah dalam bentuk tulisan arab, latin dan artinya.

Bacaan Doa Iftitah

اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. إِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ.

Doa Iftitah Latin

Allaahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.

Artinya : Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).

Doa Iftitah Muhammadiyah

Karena islam terbagi menjadi beberapa golongan, kami juga membagikan doa iftitah yang di gunakan oleh golongan Muhammadiyah. Mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang hal ini, jadi tidak perlu di permasalahkan lagi. Baiklah untuk mempersingkat pertemuan kita hari ini, silahkan kalian baca dan hafalkan doa iftitiah berikut ini.

Baca Juga : Doa Sesudah Sholat

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ، كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنَ الخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالبَرَدِ

Doa Iftitah Latin Muhammadiyah

Allaahumma baa’id bainii wabaina khathaayaaya kamaa baa’adta bainal-masyriqi wa maghrib. Allaahumma naqinii min khataayaaya kamaa yunaqats tsaubul-abyadhu minad-danas. Allaahumaghsilnii min khathaayaaya bil-maa’i wats-tsalji wal-barad.

Artinya : “Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air dingin”

Mungkin hanya itu doa iftitah yang dapat kami sampaikan hari ini. Apabila ada salah dalam penulisan kata atau ada kata-kata yang menyinggung perasaan, saya selaku penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *