Doa Buka Puasa

Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Yang Shahih dan Artinya

Artidoa.com – Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh, Sebentar lagi kita akan kedatangan bulan suci ramadhan yang penuh berkah dan ampunan. Maka disini saya mengingatkan kalian untuk menghafal doa buka puasa sebelum bulan ramadhan tiba, sehingga pada waktunya nanti kalian sudah hafal doa tersebut. Pasti diantara kalian banyak yang sudah lupa dengan bacaan doa buka puasa, nah tujuan saya disini yaitu membantu kalian untuk menghafal kembali doa-doa yang pernah hilang dari ingatanmu.

Sebenarnya ada banyak sekali hadits yang membagikan doa buka puasa ramadhan dalam bahasa arab. Namun sebelum kalian membaca dan mengamalkannya, sebaiknya mencari sumber hadist riwayatnya terlebih dahulu agar tidak salah mengamalkan. Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa agama islam terpecah menjadi beberapa golongan, jadi ada sedikit perselisihan antara mereka, bahkan dalam mengucapkan doa ada yang berbeda. Tapi kalian jangan khawatir saya akan membagikan beberapa doa buka puasa dan penjelasanya.

Lihat Juga : Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018

Doa Buka Puasa

Nah berikut ini salah satu doa berbuka puasa yang sering di gunakan oleh masyarakat pada umumnya.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA’ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Artinya : “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Ternyata lafadz doa berbuka puasa ramadhan yang sering di ucapkan masyarakat pada umumnya tidaklah benar, karena doa tersebut berasal dari sumber hadist yang lemah (dhaif). Doa ini di riwayatkan oleh Abu Daud dalam sunan-nya no. 2358 secara mursal. Mursal adalah hadist dhaif karena sanad yang terputus.

وَإِسْنَادُهُ ضَعِيفٌ فِيهِ دَاوُد بْنُ الزِّبْرِقَانِ ، وَهُوَ مَتْرُوكٌ

Artinya : “Sanad hadis ini dhaif, karena di sana ada Daud bin Az-Zibriqon, dan dia perawi matruk.” (At-Talkhis Al-Habir, 3:54).

Doa Buka Puasa Yang Shahih

Jadi sebaiknya kalian mengucapkan doa berbuka puasa yang benar sebagaimana yang di lakukan oleh Nabi Muhammad SAW berikut ini.

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

DZAHABA-DZ DZOMA’U WABTALATIL ‘URUUQU WA TSABATAL AJRU, INSYA ALLAH

Artinya : “Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah”.

Dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma, beliau mengatakan:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Artinya : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca: “Dzahaba-dz Dzama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah” (HR. Abu Daud 2357, Ad-Daruquthni dalam sunannya 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musnad 5395, dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra 1390. Hadis ini dinilai hasan oleh Al-Albani).

Demikianlah doa berbuka puasa ramadhan yang dapat saya sampaikan hari ini, apabila ada salah penulisan kata atau ada kata yang menyinggung perasaan saya mohon maaf yang sebesar besarnya. Akhirukalam wassalamulaikum warohmatullohi wabarokatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *