Doa Setelah Sholat Tahajud
Ilustrasi Membaca Doa Setelah Sholat Tahajud

Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh, sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih sudah mengunjungi website artidoa.com dalam website ini membahas tentang berbagai macam doa, mulai dari doa sholat, doa makan, doa minum, dan doa sehari-hari yang sering kalian ucapkan. Nah pada pertemuan hari ini saya akan membagikan doa setelah tahajud dalam bahasa arab, latin, dan artinya. Namun masih ada yang perlu kalian ketahui, apa sholat tahajud itu?

Sholat tahajud termasuk salah satu sholat sunnah yang sangat istimewa. Sholat ini di laksanakan setelah tidur, mulai dari setelah sholat isya’ sampai sebelum subuh, namun waktu yang paling utama yaitu di sepertiga malam yang terakhir karena pada saat itu waktu yang sangat mutajab. Hukum sholat tahajud yaitu sunnah muakkad atau sholat yang di anjurkan bagi setiap orang islam, bahkan rasullullah sendiri tidak pernah meninggalkan sholat ini karena sudah di jelaskan dalam al qur’an surat al israa’ ayat 79.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya : “Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Bagi teman-teman yang belum tahu keutamaan sholat tahajud, mari kita lihat bersama-sama di bawah ini.

  • Kedudukan terpuji
  • Kunci masuk surga
  • Sholat sunah yang paling utama
  • Kemuliaan dan kewibawaan
  • Doanya di kabulkan
  • Kebiasaan orang shalih
  • Penghapus dan pencegah dosa
  • Menolak penyakit

Jadi bagi kalian yang ingin mendapat keutamaan-keutamaan seperti itu, sebaiknya rajin melaksanakan sholat tahajud di waktu sepertiga malam. Ketika melaksanakannya kalian harus mengikuti tata cara sholat yang baik dan benar, serta membaca dzikir dan doa sesudah sholat tahajud sesuai sunnah berikut ini.

Baca Juga : Doa Setelah Wudhu

Doa Setelah Sholat Tahajud

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya : “Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Bacaan setelah sholat tahajud memang sangat panjang, jadi kalian membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghafalkan doa tersebut. Saya sarankan untuk membaca doa sesudah sholat di atas secara berulang-ulang supaya cepat hafal dan melaksanakan sholat tahajud.

Mungkin hanya itu doa tahajud dan terjemahannya yang dapat kami sampaikan hari ini, apabila ada salah penulisan kata atau ada kata yang menyinggung perasaan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhirukalam Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *