Doa Setelah Wudhu Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Doa Setelah Wudhu – Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh pada kesempatan kali ini saya akan memberikan salah satu doa yang sering kita baca sehari-hari ketika mau menjalankan ibadah sholat lima waktu yaitu bacaan doa setelah wudhu yang shahih atau benar. Di zaman canggih seperti sekarang ini tidak lah sulit untuk mencari air wudhu, bahkan di setiap masjid-masjid sudah di sediakan tempat wudhu yang sangat baik. Maka kita harus bersyukur kepada Allah SWT yang selalu memberi kesehatan kepada hamba-hambanya, Jadi kita sebagai hamba Allah harus selalu menjalankan kewajiban kita sebagai umat islam, misalnya melaksakan rukun islam yaitu sahadad, sholat, zakat, puasa, dan naik haji bila mampu.

Biasanya kalimat sahadad di ucapkan oleh orang yang baru masuk islam karena itulah syarat sah orang masuk islam, nah selanjutnya baru menjalankan apa yang di wajibkan dalam agama islam yaitu sholat, zakat, dan puasa. Ada dua macam sholat dalam islam yaitu sholat wajib dan sholat sunnah, namun sebelum saya menjelaskan semua itu kalian harus mengetahui doa sesudah wudhu yang benar karena wudhu adalah salah satu syarat sah sholat. Jadi orang tidak akan sah sholatnya kalau tidak berwudhu, maka disini saya akan memberikan doa setelah wudhu dalam bentuk tulisan arab, latin dan artinya.

Doa Setelah Wudhu

Doa Setelah Wudhu

ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLOOHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHUUWA ROSUULUHUU, ALLOOHUMMAJ’ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIINA

Artinya : “Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh)”.

Jika kalian sudah berwudhu baru bisa melaksanakan sholat. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas ada dua macam sholat, yang pertama sholat wajib atau sholat lima waktu yang kita lakukan setiap subuh, dzuhur, ashar, magrib, dan isya’. Yang kedua yaitu sholat sunnah, ada banyak sekali jenis sholat sunnah misalnya sholat malam, sholat idul fitri dan idul adha, sholat taraweh, sholat istikharah, dan lain-lain.

Rukun islam yang ke tiga yaitu zakat, sesama umat islam kita harus saling tolong menolong baik itu dalam bentuk uang maupun tenaga. Bagi setiap muslim wajib membayar zakat fitrah untuk di berikan kepada orang yang kurang mampu, bahkan sudah di jelaskan dalam hadist riwayat Imam Al-Bukhâri (no. 1427) dan Muslim (no.1053) yang artinya;

“Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allah akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allah akan memberikan kecukupan kepadanya.”

Baik, selanjutnya kita membahas tentang rukun islam yang ke empat yaitu puasa. Ada dua macam puasa yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib adalah puasa yang harus di lakukan oleh setiap muslim yang sudah baligh di bulan ramadhan kecuali orang yang tidak kuat berpuasa seperti wanita hamil dan orang yang sudah tau renta, selain itu juga di perbolehkan kepada musafir atau orang yang bepergian jauh. Sedangkan puasa sunnah adalah puasa yang di lakukan pada hari-hari tertentu, bahkan ada banyak sekali jenis puasa sunnah misalnya puasa senin kamis, puasa tahun baru islam, puasa rajab, dan lain-lain.

Itu semua rukun islam yang wajib di lakukan oleh setiap muslim, dan yang terakhir yaitu rukun islam yang kelima naik haji bila mampu. Nah bagi teman-teman yang sudah mampu untuk menjalankan ibadah haji jangan di tunda-tunda lagi supaya bisa menyempurnakan semua rukun islam. Begitu pula sebaiknya bagi yang tidak mampu jangan memaksakannya, namun juga harus terus berdoa dan berusaha.

Demikianlah bacaan doa sesudah wudhu yang dapat saya sampaikan hari ini, apabila ada salah penulisan kata atau ada kata yang menyinggung perasaan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya akhirukalam wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *