Niat dan Doa Shalat Istikharah
Ilustrasi Sholat Sunnah Istikharoh

Bacaan Niat dan Doa Shalat Istikharah Untuk Menentukan Pilihan

Artidoa.com – Ternyata masih ada satu lagi bacaan sholat yang belum kami bagikan di blog ini, yaitu shalat istikharah. Biasanya shalat ini di kerjakan saat kita merasa ragu-ragu atau bingung untuk menentukan pilihan. Bagi yang mau melaksanakan sholat ini, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hamba-Nya yang meminta pertolongan. Seseorang melakukan shalat istikharah apabila sedang bingung menentukan pilihan dan pilihan-pilihan itu misalnya dimana mau kuliah, siapa yang cocok menjadi pendamping hidupnya, dan pekerjaan apa yang baik untuk dirinya. Nah setelah melaksanakan dan membaca doa shalat istikharah, maka dengan izin Allah kalian diberi kemantapan hati dalam menentukan pilihan tersebut.

Shalat istikharah boleh di lakukan kapan saja, namun sangat dianjurkan pada waktu sepertiga malam yang terakhir. Bahkan Rasulullah sendiri menjelaskan kalau mempunyai sebuah keinginan atau sedang menentukan pilihan, sebaiknya melakukan shalat ini. Shalat istikharah termasuk salah satu shalat sunnah yang berjumlah dua rakaat dan boleh dikerjakan sampai dua belas rakaat atau enam kali salam. Di rakaat pertama sangat di anjurkan membaca surat al-fatihah dan surat al-kafirun, sedangkan di rakaat kedua setelah membaca al-fatihah di utamakan membaca surat al-ikhlas. Sebenarnya boleh-boleh saja menggunakan bacaan surat pendek lainnya, baik itu di rakaat pertama mauupun di rakaat kedua.

Niat Shalat Istikharah

اُصَلِّ سُنَّةَ الْاِ سْتِخَارَةِ رَكْعَتَينِ لِلّٰهِ تَعَالٰى

Tulisan Latin

USHALLI SUNNATAL ISTIKHAARATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA

Artinya : “Aku niat salat sunat istikharah 2 rakaat karena Allah ta’ala.”

Doa Shalat Istikharah

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَخَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.

Doa Istikharah latin

ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI’ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA AS ALUKA MIN FADHLIKAL ‘ADZHIIMI. FAINNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU WALAA A’LAMU WA ANTA ‘AL-LAAMULGHUYUUBI. ALLOOHUMMA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINII WAMA’AASYII FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI WA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRO SYARRUN LII FII DIINII WA MA’AASYII WA ‘AAQIBATI AMRII WA ‘AAJILIHI FASHRIFHU ‘ANNII WASHRIFNII ‘ANHU WAQDURLIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODH-DHINII BIHI.

Artinya : Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini …….. adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ……… menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu.

Mungkin hanya itu niat dan doa istikharah yang dapat kami sampaikan hari ini. Apabila ada salah dalam penulisan kata atau ada kata-kata yang menyinggung perasaan, saya selaku penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya dan jangan lupa untuk mengunjungi website artidoa.com di lain waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *