Contoh Mad Iwad

Pengertian dan Contoh Mad Iwad dalam Al Qur’an

Artidoa.com – Bagi teman-teman yang suka membaca al qur’an tapi tidak tahu salah dan kebenarannya, silahkan  belajar ilmu tajwid. Mungkin banyak sekali orang tidak tahu kesalahannya pada saat membaca tulisan arab, apalagi ketika membaca doa sholat atau ayat suci al qur’an. Jadi pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu hukum tajwid yaitu pengertian dan contoh mad iwad dalam al qur’an.

Pengertian Mad Iwad

Menurut bahasa mad iwad artinya panjang atau pengganti, sedangkan menurut istilah mad iwad artinya berhenti pada tanwin di akhir kalimat. Maka dapat kita simpulkan bahwa mad iwad adalah bacaan panjang di akhir kata (kalimat) sebagai pengganti suara fathah tanwin yang tidak lagi berbunyi karena bacaan sudah di waqofkan. Fathah tanwin yang di maksud bukanlah fathah tanwin yang terletak pada ta’ marbutuhoh (ة), jika terdapat pada ta’ marbutuhoh (ة) hukumnya bukan mad iwad karena bila ta’ marbutuhoh di waqofkan pada akhir kalimat suaranya berubah menjadi ha’ tanpa hukum mad apapun.

Contoh :

رحمة dan جنة

Sedangkan dalam kitab nihayatul qoulil mufid mengatakan bahwa mad iwad adalah hah dhomir (ـه) yang mengganti tempatnya Ya’ (ي) yang di buang karena jazem. Jazem sendiri merupakan istilah dari ilmu nahwu, akan lebih jelas lagi silahkan lihat contoh berikut ini.

نولىه (Nuwalliha) di buang huruf Ya’ nya menjadi نوله (Nuwaliha)

Meskipun masih ada huruf Ya’ (ي) bacaan tetap di pendekkan, Jika huruf Ya’ (ي) nya di buang maka ha’ menjadi panjang. Itulah penjelasan mad iwad menurut kitab nihayatul qoulil mufid dan mad ini terbagi menjadi dua bagian yaitu:

1. Mad iwad tanwin

Contoh : كاَنَ فاَسِقاً

2. Mad iwad yang di buang

Contoh : نولىه di baca نوله

Contoh Mad Iwad Dalam Al Qur’an

Mad iwad

Catatan : Hukum mad iwad yang di jelaskan di atas tidak berlaku pada ta’ marbuthoh (ة). Apabila ada ta’ marbuthoh (ة) berharokat tanwin di akhir kalimat, maka bacaannya harus di waqofkan atau berharokat sukun.

Contoh :

Hukum ta marbuthoh

Demikianlah pengertian mad iwad yang dapat kami sampaikan hari ini, apabila ada salah penulisan kata atau ada kata yang menyinggung perasaan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *